Tanya; Apakah aqiqah itu, dan apa saja syarat-syaratnya, sifat pelaksanaannya dan kapan waktunya? Apa boleh membaginya menjadi tiga seperti kurban? Atau harus membuat acara dengan mengundang karib kerabat?

Jawab; Aqiqah disebut juga dengan nasikah. Sebagian orang ada yang menamakannya dengan tamimah. Ia adalah hewan sembelihan yang disembelih pada hari ketujuh kelahiran seorang bayi. Disebut dengan aqiqah, atau nasikah. Kedudukannya seperti hewan kurban, umurnya domba 6 bulan atau kambing usia setahun. Untuk bayi laki-laki disembelihkan dua ekor dan untuk bayi perempuan satu ekor. Pelaksanaannya yang paling utama pada hari ketujuh. Apabila lewat aqiqah sah, tapi hari ketujuh yang utama.

Seseorang bebas untuk membagikan (hasil sembelihan) kepada fuqara’, tetangga dan kerabat. Dan dia juga boleh mengadakan acara dengan mengundang siapa yang dia mau dari kerabat dan tetangga. Dan kalau dia mau juga boleh sebagain (dagin atau masakan itu) dia bagikan, sebagiannya dia makan bersama dengan teman-teman dan tetangga. Dan disunnahkan dia memberi sebagian kepada fuqara’ secukupnya.

Allahu’alam

Sumber fatwa: Binbaz.org.sa

Categories: Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *