Yang perlu diperhatikan saat akan Aqiqah anak

Persiapan aqiqah atau akikah untuk anak sebaiknya dilakukan dari bayi masih berumur beberapa bulan di kandungan. Kenapa? Selain persiapan bisa lebih matang dari mulai memilih tempat dengan masakan dan harga yang cocok, kita juga bisa menabung untuk meringankan biayanya. Apa saja yang harus diperhatikan? Bismillah, luruskan niat kemudian simak beberapa hal dibawah:

1. Ringankan biaya dengan menabung
Tidak semua orang suka menabung, tapi semua orang suka biaya yang ringan. Bayangkan jika paket aqiqah paling murah biayanya 1,3jt untuk 1 ekor kambing, artinya biaya menjadi 2,6jt untuk biaya aqiqah anak laki – laki. Mahal? tentu, apa bisa jadi terasa ringan? Sangat bisa dengan cara menyisihkan uang sebisanya untuk biaya Aqiqah sejak bayi berada di kandungan.

Tips Aqiqah Anak


2. Luangkan waktu untuk mempelajari prosesi Aqiqah
Islam itu agama yang mudah dan memudahkan. Allah jalla wa ‘ala tidak turunkan AL-Quran ke tengah manusia untuk membuat mereka susah sebagaimana disebutkan didalam Al-Quran surah Thaahaa: 2.
Meluangkan waktu yang mungkin tidak sampai 30 menit untuk mempelajari / membaca bagaimana manusia terbaik ﷺ mengajarkan ummatnya tentang rukun Aqiqah menjadi penting mengingat dua hal:
a. Aqiqah adalah ibadah dan kita ingin ibadah kita diterima oleh Allah Jalla wa ‘ala.
b. Syarat diterimanya ibadah ada 2 yaitu ikhlas dan ittiba’ atau sesuai tuntunan dari rasulullah ﷺ dan tidak ada cara lain untuk mengetahui tuntunan tersebut selain dengan mempelajarinya.


3. Cari tempat Aqiqah yang cocok
Syar’i, masakannya enak & higienis, terjangkau, dan pelayanan terbaik. Ada yang terlupa? Satu lagi kami tambahkan, cari tempat aqiqah yang bisa anda ajak berkonsultasi tentang hukum syar’i seputar Aqiqah anak.
Tidak dipungkiri mempelajari sendiri tentang hukum Aqiqah bisa sangat membingungkan, pastikan anda bertanya sampai yakin apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan saat Aqiqah berlangsung agar proses ibadah yang mulia ini bisa anda panen pahalanya untuk mencari ridha Allah jalla wa’ala.

Allahu a’lam


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *